Makalah Belajar Pembalajaran V.2



BAB I
PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang
Belajar, perkembangan, dan pendidikan merupakan suatu peristiwa dan tindakan sehari-hari. Dari sisi siswa sebagai pelaku belajar dan dari sisi guru sebagai pembelajar, dapat ditemukan adanya perbedaan dan persamaan, Hubungan guru dengan siswa adalah hubungan fungsional. Dari segi tujuan yang akan dicapai baik guru maupun siswa sama-sama mempunyai tujuan sendiri. Meskipun demikian, tujuan siswa tersebut dapat dipersatukan dalam tujuan instruksional. Dari segi lama waktu tindakan, tindakan guru mendidik dan mengajar terbatas. Sebaliknya, tindakan siswa belajar adalah sepanjang hayat. Dari segi proses, belajar dan perkembangan adalah proses internal siswa. Siswa sendiri yang mengalami, melakukan, dan menghayati. Sebaliknya, pendidikan adalah proses interaksi antara guru dan siswa yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental sehingga menjadi mandiri dan utuh.(Monks, Knoers, Siti Rahayu, 1989 Biggs & Telfer).
Berdasarkan hal tersebut maka dalam makalah ini saya membahas tentang ciri-ciri belajar dan pembelajaran, tujuan belajar dan pembelajaran, dan unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran. Pembahasan ini akan menjelaskan lebih jauh tentang hal-hal tersebut untuk menambah informasi.

2.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka saya merumuskan masalah sebagai berikut:
A.    Bagaimanakah ciri-ciri belajar dan pembelajaran?
B.     Bagaimanakah tujuan belajar dan pembelajaran?
C.     Apa sajakah unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran?

3.     Batasan Masalah
Dalam makalah ini saya membahas tentang ciri- ciri-ciri belajar dan pembelajaran, tujuan belajar dan pembelajaran, dan unsur-unsur dinamis dalam belajar dan prmbelajaran, dengan demikian saya membatasi tema ini hanya bagi kita sebagai calon guru dan guru.


File Lengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar