BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Belajar,
perkembangan, dan pendidikan merupakan suatu peristiwa dan tindakan
sehari-hari. Dari sisi siswa sebagai pelaku belajar dan dari sisi guru sebagai
pembelajar, dapat ditemukan adanya perbedaan dan persamaan, Hubungan guru
dengan siswa adalah hubungan fungsional. Dari segi tujuan yang akan dicapai
baik guru maupun siswa sama-sama mempunyai tujuan sendiri. Meskipun demikian,
tujuan siswa tersebut dapat dipersatukan dalam tujuan instruksional. Dari segi
lama waktu tindakan, tindakan guru mendidik dan mengajar terbatas. Sebaliknya,
tindakan siswa belajar adalah sepanjang hayat. Dari segi proses, belajar dan
perkembangan adalah proses internal siswa. Siswa sendiri yang mengalami,
melakukan, dan menghayati. Sebaliknya, pendidikan adalah proses interaksi
antara guru dan siswa yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental sehingga
menjadi mandiri dan utuh.(Monks, Knoers, Siti Rahayu, 1989 Biggs & Telfer).
Berdasarkan
hal tersebut maka dalam makalah ini saya membahas tentang ciri-ciri belajar dan
pembelajaran, tujuan belajar dan pembelajaran, dan unsur-unsur dinamis dalam
belajar dan pembelajaran. Pembahasan ini akan menjelaskan lebih jauh tentang
hal-hal tersebut untuk menambah informasi.
2.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang tersebut, maka saya merumuskan masalah sebagai berikut:
A. Bagaimanakah
ciri-ciri belajar dan pembelajaran?
B. Bagaimanakah
tujuan belajar dan pembelajaran?
C. Apa
sajakah unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran?
3.
Batasan
Masalah
Dalam
makalah ini saya membahas tentang ciri- ciri-ciri belajar dan pembelajaran, tujuan
belajar dan pembelajaran, dan unsur-unsur dinamis dalam belajar dan
prmbelajaran, dengan demikian saya membatasi tema ini hanya bagi kita sebagai
calon guru dan guru.
File Lengkapnya
0 komentar:
Posting Komentar