BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Kesalahan berbahasa adalah suatu peristiwa yang
bersifat inheren dalam setiap pemakaian bahasa baik secara lisan maupun tulis.
Baik orang dewasa yang telah menguasai bahasanya, anak-anak, maupun orang asing
yang sedang mempelajari suatu bahasa dapat melakukan kesalahan-kesalahan
berbahasa pada waktu mereka menggunakan bahasanya. Namun, jenis serta frekuensi
kesalahan berbahasa pada anak-anak serta orang asing yang sedang mempelajari
suatu bahasa berbeda dengan orang dewasa yang telah menguasai bahasanya.
Perbedaan ini bersumber dari perbedaan penguasaan kaidah-kaidah gramatikal (grammatical
competence) yang pada gilirannya juga menimbulkan perbedaan realisasi
pemakaian bahasa yag dilakukannya (performance). Di samping itu,
perbedaan itu juga bersumber dari penguasaan untuk menghasilkan atau menyusun
tuturan yang sesuai dengan konteks komunikasi (comunicative competence) .
Salah satu hambatan dalam proses komunikasi adalah
kurangnya keterampilan berbahasa. Wujud dari kurangnya keterampilan berbahasa
itu antara lain disebabkan oleh kesalahan-kesalahan berbahasa.
Kesalahan-kesalahan berbahasa ini menyebabkan gangguan terhadap peristiwa
komunikasi, kecuali dalam hal pemakaian bahasa secara khusus seperti dalam
lawak, jenis iklan tertentu, serta dalam puisi. Dalam pemakaian bahasa secara
khusus itu, kadang-kadang kesalahan berbahasa sengaja dibuat atau disadari oleh
penutur untuk mencapai efek tertentu sepeti lucu, menarik perhatian dan
mendorong berpikir lebih intens.
Download File Lengkapnya Di sini
0 komentar:
Posting Komentar