TUGAS SEMANTIK



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Membaca adalah suatu hal yang penting bagi setiap manusia, kita harus menyadari benar bahwa membaca mempunyai peranan sosial yang amat penting dalam kehidupan manusia sepanjang masa. Dalam hal ini kita akan mencoba membaca sastra, keindahan suatu karya sastra itu tercermin dari keserasian, keharmonisan antara keindahan bentuk dan keindahan isi. Dengan kata lain, suatu karya sastra dikatakan indah kalau  bentuk dan isinya sama-sama indah, terdapat keserasian, keharmonisan antara keduanya. Salah satu contoh dari karya sastra adalah puisi.
Dalam pembacaan puisi harus memperhatikan makna-makna yang terkandung dalam puisi tersebut agar kita mengetahui, apa yang terkandung dalan puisi tersebut. Dalam pemaknaan ada beberapa ragam makna yang dapat dilihat dari berbagai kriteria atau sudut pandang. Makna puisi dapat dilihat dari makna leksikal dan gramatikal. Makna gramatikal adalah makna yang terjadi sebagai akibat proses-proses gramatik, seperti proses afiksasi, proses reduplikasi,dll. Disamping makna, pemilihan kata juga penting pilihan kata adalah kemampuan membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna yang sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan dan kemampuan yang menemukan bentuk sesuai dengan  situasi dan nilai rasa yang dimiliki oleh pendengar/pembaca.
Oleh karena itu kami menganalisis puisi yang berjudul “Menghisap kelembak menyan” yang merupakan karya dari Emha Ainun Najib, yang dianalisis dari segi struktural dan internal puisi.


File Lengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar