MAKALAH FILOLOGI Analisis Kodilogi Dan Filologi Pada Prasasti Besole (Blitar)



BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang
Salah satu peninggalan arkeologi yang merupakan bukti tertulis dari masa lampau adalah prasasti. Prasasti memberikan penjelasan berbagai macam hal perbuatan atau tingkah laku manusia masa lampau seperti prosesi keagamaan, prosesi penetapan sima, perdagangan, dan struktur birokrasi.
Prasasti mempunyai peranan yang penting dalam penyusunan sejarah kuno Indonesia, karena menghubungkan benda (artefak) dengan kisah sejarah berdasarkan informasi yang diperoleh dari isi prasasti.
  Prasasti-prasasti yang ditemukan di Pulau Jawa umumnya berisi penetapan sīma maupun keputusan peradilan (jayapatra) yang memuat informasi tentang berbagai hal seperti mengenai waktu dibuatnya prasasti, nama penguasa, nama tempat serta alasan dibuatnya prasasti. Namun untuk mengetahui informasi tersebut dibutuhkan beberapa hal untuk mencapai itu semua. Karena banyak sekali kendala yang harus dihadapai, seperti tulisan yang sudah usang, untuk penerjemahannya ke dalam bahasa modern ada istilah-istilah kuno yang tidak kita mengerti lagi.


File Lengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar