BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Sekolah
sebagai lembaga pendidikan formal bertujuan untuk menghasilkan sumber daya
manusia yang berkualitas yaitu manusia yang cerdas dan terampil serta
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, sehat
jasmani dan rohani, serta mempunyai semangat patriotisme terhadap bangsa dan
negara sesuai dengan jenis dan tingkat pendidikan masing-masing. Untuk menghasilkan sumber daya yang
demikian maka pemerintah menyelenggarakan pendidikan mulai dari tingkat
pendidikan dasar, pendidikan menengah dan sampai pada perguruan tinggi sesuai
dengan tuntutan dan kebutuhan pembangunan.
Guru, murid, dan bahan ajar merupakan unsur yang dominan
dalam proses pembelajaran di kelas. Ketiga unsur ini saling berkaitan, saling
mempengaruhi serta saling menunjang antara satu dengan yang lainnya. Jika salah
satu unsur tidak ada, kedua unsur yang lain tidak dapat berhubungan secara
wajar dan proses pembelajaran tidak akan berlangsung dengan baik. Jika proses
belajar mengajar ditinjau dari segi kegiatan guru, maka akan terlihat bahwa
guru memegang peranan strategis. Menurut Majid (2005:91) dalam konteks ini guru
berfungsi sebagai pembuat keputusan yang berhubungan dengan perencanaan,
implementasi, dan penilaian. Oleh
karena itu guru dituntut dapat bekerja dengan teratur dan konsisten, tetap
kreatif dalam menghadapi pekerjaannya. Kemantapan dalam bekerja hendaknya
merupakan karakteristik pribadinya sehingga pola kerja seperti ini terhayati
pula oleh siswa sebagai sasaran pendidikan.
File Lengkapnya
0 komentar:
Posting Komentar