Sosiolinguistik



A.       Latar Belakang
Variasi atau ragam bahasa merupakan satu bahasan pokok dalam studi sosiolinguistik. Bahasa itu menjadi beragam dan bervariasi bukan hanya penuturnya yang tidak homogen tetapi juga karena kegiatan interaksi sosial yang mereka lakukan sangat beragam.
Gorys Keraf (1991: 1) mengatakan bahwa bahasa mencakup dua bidang, yaitu bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap berupa arus bunyi yang mempunyai makna dan bahasa sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat terdiri atas dua bagian utama yaitu bentuk (arus ujaran) dan makna (isi).
Menurut pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa bahasa merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap yang merupakan alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa bentuk dan makna. Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem simbol, tanda dan tingkah laku yang umum. Selain itu bahasa juga dapat digunakan untuk bekerjasama komunikasi dan mengidentifikasi diri, sehingga banyak sekali ragam atau kreasi bahasa yang diciptakan oleh manusia untuk saling bekerja sama dalam kelompoknya, salah satunya adalah bahasa prokem.



File Lengkapnya

0 komentar:

Poskan Komentar