PTK Bidang Non Eksak Bahasa Indonesia



BAB I 
 PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang
Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk pribadi siswa agar terampil menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, baik secara lisan maupun secara tertulis sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu.
Mengingat peran sentral bahasa Indonesia dalam perkembangan intelektual, sosial dan emosional siswa, maka dalam pembelajaran bahasa hendaknya diarahkan untuk membentuk siswa terampil berbahasa Indonesia, bukan sekedar memberikan pengetahuan bahasa kepada siswa. Pembelajaran bahasa Indonesia harus tertuju pada empat ketrampilan bahasa, yaitu : ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Empat ketrampilan itulah yang harus dilatihkan kepada siswa agar siswa terampil berbahasa Indonesia.
Tentu saja hal itu bukan hal yang mudah. Meski selalu digunakan dalam setiap kegiatan setiap kegiatan pembelajaran tak lepas dari setiap sendi kehidupan manusia, namun belajar bahasa Indonesia belum menjadi sesuatu yang menarik bagi siswa.
Dalam pembelajaran bahasa indonesia yang kami dilakukan di SDN Wonosalam V, dengan materi menceritakan kembali isi pengumuman, kami  mencoba untuk mengidentifikasi masalah diantaranya :

Download File Lengkapnya Di sini

0 komentar:

Posting Komentar