BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah
pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk pribadi siswa agar terampil
menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, baik secara lisan maupun
secara tertulis sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu.
Mengingat peran sentral bahasa
Indonesia dalam perkembangan intelektual, sosial dan emosional siswa, maka
dalam pembelajaran bahasa hendaknya diarahkan untuk membentuk siswa terampil
berbahasa Indonesia,
bukan sekedar memberikan pengetahuan bahasa kepada siswa. Pembelajaran bahasa Indonesia
harus tertuju pada empat ketrampilan bahasa, yaitu : ketrampilan menyimak, berbicara,
membaca dan menulis. Empat ketrampilan itulah yang harus dilatihkan kepada
siswa agar siswa terampil berbahasa Indonesia.
Tentu saja hal itu bukan hal yang
mudah. Meski selalu digunakan dalam setiap kegiatan setiap kegiatan
pembelajaran tak lepas dari setiap sendi kehidupan manusia, namun belajar
bahasa Indonesia belum menjadi sesuatu yang menarik bagi siswa.
Dalam pembelajaran bahasa indonesia yang kami dilakukan
di SDN Wonosalam V, dengan materi menceritakan kembali isi pengumuman, kami mencoba untuk mengidentifikasi masalah
diantaranya :
Download File Lengkapnya Di sini
0 komentar:
Posting Komentar