Makalah Sastra Daerah



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Sastra sebagai cabang dari seni, yang keduanya unsur integral dari kebudayaan, usianya sudah cukup tua. Kehadiran hampir bersamaan denga adanya manusia, karena ia diciptakan dan dinikmati manusia. Sastra telah menjadi bagian dari pengalaman hidup manusia, baik dari aspek manusia yang memanfaatkanya bagi pengalaman hidupnya, maupun dari aspek penciptanya, yang mengekspresikan pengalaman batinnya ke dalam karya sastra.
Ditinjau dari segi pencipta ( pengarang dalam sastra tulis dan pawing atau pelipur lara dalam sastra lisan), karya sastra  merupakan pengalaman batin penciptanya mengenai kehidupan masyarakat dalam suatu kurun waktu dan situasi budaya tertentu. Di dalam karya sastra dilukiskan keadaan dan kehidupan sosial suatu masyarakat, peristiwa-peristiwa, ide dan gagasan, serta nilai-nilai yang diamanatkan.
Sastra rakyat ialah kesusastraan yang lahir dikalangan rakyat. Pada lazimnya, sastra rakyat merujuk kepada kesusastraan rakyat dari pada masa lampau, yang telah menjadi warisan kepada sesuatu masyarakat. Sastra rakyat adalah sebagian daripada kehidupan budaya bagi masyarakat lama. Misalnya, dalam masyarakat Melayu Lama cerita rakyat merupakan satu bentuk hiburan yang penting untuk orang kampung cipta lewat tokoh-tokoh cerita. Sastra mempersoalkan manusia dalam berbagai aspek kehidupanya, sehingga karya sastra berguna untuk mengenal manusia, kebudayaan serta zamannya.


File Lengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar