Narasi Ande-ande Lumut dan Cinderella.doc



Raja Jenggala dan Raja Kediri ingin mempererat persaudaraan antara dua kerajaan. Kebetulan Panji Asmarabangun pangeran dari Jenggala sudah bersahabat dengan Dewi Sekartaji putri dari Kediri sejak kecil. Sehingga kedua raja sepakat mereka akan dinikahkan karena sang pangeran dan sang putri pun saling mencintai.

Keputusan Raja Kediri untuk menikahkan Dewi Sekartaji, sang putri dengan Panji Asmarabangun membuat Padukasari, istri kedua baginda raja gundah, karena dia ingin menikahkan putrinya Intansari dengan Panji Asmarabangun. Dia paham putra dari perkawinan tersebut dapat menjadi raja dari dua kerajaan yang menyatu. Padukasari kemudian menculik Dewi Sekartaji beserta Dewi Candrawulan, ibunya, dan mereka disandera dan disembunyikan di rumah di tepi hutan. 

 Pada saat Panji Asmarabangun datang untuk meminang, dia sangat kecewa, karena Dewi Sekartaji raib tak ketahuan rimbanya. Permintaan Padukasari agar dia menikah dengan Intan Sari ditolaknya, dan dia segera pergi mengembara mencari kabar sang kekasih hati, Dewi Sekartaji.

Sementara itu Dewi Candrawulan berhasil mengirim surat kepada baginda raja lewat merpati sehingga ibu dan anak tersebut dapat dibebaskan. Padukasari dan Intan Sari ketahuan belangnya dan melarikan diri, tak ada kabarnya lagi. Dewi Sekartaji diberitahu bahwa sang pangeran sudah tidak berada di istana dan konon tengah mengembara mencari dirinya.  Dewi Sekartaji punj langsung ke luar istana mengembara mencari kabar tentang sang kekasih hati 

Download File Lengkapnya Di sini

0 komentar:

Posting Komentar