BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.
Salah satu indikator pendidikan berkualitas adalah
perolehan nilai hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa dapat lebih
ditingkatkan apabila pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien dengan
ditunjang oleh tersedianya sarana dan prasarana pendukung serta kecakapan guru
dalam pengelolaan kelas dan pengusaan materi yang memadai.
Tolok ukur keberhasilan pembelajaran pada umumnya adalah
prestasi belajar. Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di kelas IX
MTs
Syafi’iyah Pulorejo Ngoro Jombang untuk
beberapa kompetensi dasar umumnya menunjukkan nilai yang rendah. Hal ini standar kompetensi dan kompetensi dasar PKN kelas IX memang sarat akan materi, di
samping cakupannya luas dan perlu hafalan. Jika dilihat dari hasil ulangan
harian sebagian besar masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 83,34%, hanya 16,67 % siswa yang telah memenuhi
standar ketuntasan minimal .Dengan rata –rata kelas sebesar 4,83.
Download File Lengkapnya Di sini
0 komentar:
Posting Komentar