BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perpustakaan sekolah merupakan salah satu jenis perpustakaan yang ada. Lembaga ini berada di bawah naungan sebuah institusi pendidikan sebagai salah satu
fasilitas dan sarana penunjang pendidikan. Perpustakaan
sekolah mempunyai tugas pokok membantu proses belajar
mengajar siswa dan guru dengan menyediakan bahan-bahan pustaka yang sesuai
dengan kurikulum serta ilmu tambahan/ penunjang lainnya.
Sehingga proses belajar mengajar di sekolah dapat
berjalan dengan baik. Namun sayang, keberadaannya belum begitu mendapat perhatian yang serius. Sehingga peran dan fungsi dari perpustakaan
sekolah itu sendiri belum nampak secara nyata. Padahal
kalau perpustakaan sekolah dikelola dengan baik akan memberikan
manfaat yang besar bagi kelancaran dan keberhasilan proses belajar mengajar
siswa dan guru di sekolah.
Oleh karena itu, agar koleksi perpustakaan sekolah dapat di manfaatkan
secara efektif oleh pemakainya, maka perpustakaan sekolah
harus dikelola dengan baik. Tetapi yang menjadi persoalan
disini adalah apakah perpustakaan sekolah yang ada sekarang ini telah dikelola dengan baik ? sementara pengelolaanya pada umumnya masih jauh
dari yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh belum
adanya pustakawan yang secara khusus mengelola perpustakaan
sekolah. Kalaupun sudah ada, mereka pada umumnya adalah seorang guru / karyawan sekolah yang diserahi tugas untuk mengurus perpustakaan
0 komentar:
Posting Komentar