Sastra Perbandingan Simbolisme Pada Novel Ayat Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Dan Rahasia Wanita Karya Qotrun Nada



   1. Pengertian Simbol
Hidup manusia memamng penuh tanda san simbul (Bekker, 1985:95)
Sedangkan pengertian simbul Menurut Budiono menembahkan perbedaaan antara insyarat, tanda dan atau lambang yang di tulis dalam bukunya “ Simbolisme dalam Budaya Lama “ yang tercantung sebagai berikut :
Pertama: isyarat ialah suatu hal atau keadaan oleh subyek kepada obyek. Artinya subyek selalau berbuat sesuatu untuk memberitahu kepada obyek yang diberi isyarat agar obyek mengetahuinya pada saat itu juga. Isyarat tidak dapat di tangguhkan pemakainnya. Ia hanya berlaku pada saat dikeluarkan oleh subyek.
Contoh isyarat bunyi peluit kereta api, gerak-gerik bendera morse, suara peluit pandu, dan sebagainya.
Kedu: tanda ialah suatau hal atau keadaan yang menerangkan obyek kepada subyek.
Ketiga: symbol atau lambang ialah suatu hal atau keadaan yang memimpin-pemahaman subyek kepada obyek. Tanda selalu menunjuk kepada suatu riil (benda), kejadian, ataun tindakan.
Contohnya sebelum guntur berbunyi selalu ditandai dengan munculnya kilat. Tanda alamiah merupakan bagian dan hubungan alamiah, sebelum guntur meledak, didahului  kilat. Tanda-tanda yang dibuat oleh manusia pun menunjukakan sesuatu yang terbatas artinya dan menunjukkan hal-hal teetentu pula, misalnya : tanda-tanda lalu lintas, tugu-tugu jarak jalan seperti kilometer, hectometer, tanda baca pada bahasa tulis, tanda-tanda pangkat arau jabata. Sebaliknya sebalinya paada lambang, contohnya lambang Garuda Pancasila dan Palang Merah merupakan suatu benda, keadaan atau hal yang mempunyai arti yang terkandung didalam lambang-lambang tersebut. Sebuah benda, misalnya bunga, yang dirangkai menjadi untaian bunga atau krans untuk menyatakan ikut berduka cita atau bedanya, tetapi pemahaman arti benda itu yang dipakai sebagai lambang untuk menyatakan ikut berduka cita.

Donwload File Lengkapnya Di sini

0 komentar:

Posting Komentar