Tugas Kelompok Hiponim



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Ragam makna dapat dilihat dari berbagai kriteria atau sudut pandang. Oleh karena itu, di dalam berbagai sumber pustaka dapat ditemukan berbagai macam ragam makna. Pembedaan makna leksikal dan gramatikal adalah makna yang terjadi sebagai akibat proses-proses gramatikal, seperti proses afiksasi, proses reduplikasi, dan proses komposisi.
Pilihan kata adalah kemampuan membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna yang sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan dan kemampuan yang menemukan bentuk sesuai dengan  situasi dan nilai rasa yang dimiliki oleh pendengar/pembaca.
Ketepatan memilih kata dalam pembicaraan atau karangan dilihat dari dua sudut yang saling berkaitan, yaitu ketepatan memilih kata dilihat dari pembicara atau penulis itu sendiri untuk mewakili gagasan yang dicetuskannya, dan dari sudut masyarakat yang menerima gagasan tersebut sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Disinilah diperlukan pengetahuan yang cukup tentang kata-kata dengan berbagai bentuk/maknanya dengan kelaziman penggunaannya. Makin luas dan dalam pengetahuan kita tentang kata-kata dengan berbagai makna yang dikandungnya, makin mudah kita memilih kata yang tepat untuk mengungkapkan gagasan-gagasan yang ingin disampaikan kepada orang lain.
1.2.  Batasan Masalah
Agar masalah penelitian lebih fokus kepada tujuan penelitian dan tidak terlalu luas, maka penulis membatasi masalah penelitian hanya pada ruang lingkup tentang “Hiponim”.


File Lengkapnya 



Cover Makalah Hiponimnya Juga

0 komentar:

Posting Komentar