Studi Kasus Pembentukan Pemahama Nilai Dan Sikap Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK PGRI SOOKO Mojokerto Tahun Ajaran 2009 - 2010



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Setiap pembelajar tentu memiliki kekhasan tertentu yang berbeda dengan pembelajar yang lain. Oleh karena itu, dalam belajar seorang pembelajar haruslah mengembangkan kekhasan-kekhasan yang dimiliki. Keterampilan personal yang secara khas dimiliki oleh pembelajar, haruslah dibentuk dan dikembangkan secara terus menerus. Dengan cara demikian, maka pembelajar akan berkembang seoptimal mungkin sesuai dengan ciri khas atau karakteristik yang ada pada dirinya.
Selain keterampilan-keterampilan personal dibentuk, keterampilan sosial pembelajar juga perlu dibentuk. Pembentukan keterampilan sosial demikian tampak urgensinya manakala dilihat kedudukan pembelajar yang tidak saja sebagai makhluk individual melainkan sekaligus sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, pembelajar haruslah dapat berinteraksi secara baik dengan lingkungan sosialnya, sesama manusia. Maka dari itu, pembentukan keterampilan-keterampilan sosial pada diri pembelajar dimaksud untuk menyiapkan pembelajar agar dapat bergabung dan berinteraksi secara baik dengan lingkungan sosialnya.
Dengan perkataan lain, jika pembentukan keterampilan personal dimaksudkan mengembangkan potensi-petensi bawaan yang ada pada diri pembelajar, maka keterampilan sosial antara lain dimaksudkan mengkomunikasikan keterampilan personal yang telah terbentuk dalam lingkungan sosialnya.

Download File Lengkapnya Di sini

0 komentar:

Posting Komentar