BAB I
PENDAHILUAN
1.1
Latar
Belakang
sebagian besar tanggung
jawab dalam menerapkan standar penilaian terletak pada tangan guru yang menjadi
pelaksana digaris depan. Oleh karena itu, guru perlu memahami dengan baik
standar yang ada, memahami pentingnya penilaian yang berkelanjutan, dan perlu
mengetahui posisi strategis mereka, sehingga guru mampu meningkatkan praktik
penilaian dalam kelas, merencanakan kurikulum, mengembangkan potensi diri
siswa, laporan kemajuan dan perkembangan siswa, dan memahami cara pengajaran
mereka sendiri.
Kegiatan penilaian
saat ini terlihat sangat pesat, namun tidak semua guru atau pangajar mengetahui
hakikat penilaian, tujuan penilaian, komponen penilaian, prinsip-prinsip itu
sendiri. Pada bab pembahasan akan di uraikan dan di kupas satu persatu apa saja
yang berkaitan dengan penilaian. Sering kita tidak dapat membedakan istilah
penilaian, evaluasi dan pengukuran. Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis,
dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang
dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi
yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Sedangkan evalusi kegiatan
identifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai
atau belum, bagaimana efisiensi pelaksanaannya. Dan pengukuran
adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh
deskripsi numerik dari suatu tingkatan yang menggambarkan pencapaian
karakteristik tertentu pada diri siswa. Bagi seorang guru
penting sekali untuk mengetahui apa tujuan, fungsi, dan bagaiman proses menilai
itu. Maka dari itu maklah ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui apa saja
yang berkaitan dengan penilaian dan bagaiman proses dalam menilai.
0 komentar:
Posting Komentar