Model Wacana Narasi.doc



Model Wacana Narasi

Wacana narasi adalah salah satu bentuk wacana yang harus dikenalkan kepada siswa mulai kelas 7 sampai dengan kelas 9. Standar kompetensi yang diharapkan di kelas 7 adalah Berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana monolog pendek berbentuk narasi sederhana. Oleh karena itu penulis mencoba membuat strategi yang diharapkan akan membantu pemahaman konsep wacana narasi bagi siswa kelas 7 sehingga mereka dapat menghasilkan bahasa lisan dan tertulis melalui 4 ketrampilan bahasa yang dikembangkan
Berdasarkan pemikiran tersebut diatas, penulis mencoba mendesing sebuah strategi yang menggabungkan beberapa metode dan media. Dewasa ini pengunaan multi-media dalam penyampaian informasi telah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia yang dampaknyapun dirasa sangat besar membantu mengubah prilaku masyarakat. Salah satu contoh adalah tayangan-tayangan yang disiarkan di layar lebar maupun layar kaca, di sadari atau tidak dapat membantu membentuk prilaku penontonnya. Remaja yang merupakan bagian dari masyarakat,  sangat besar kesempatannya menerima dampak dari media karena visualisasi media memberi banyak ketertarikan
Dalam hal ini penulis mencoba memanfaatkan kelebihan dari multi-media (media pemberi pengaruh tercepat) yang diarahkan secara positif. Media ini termasuk media yang dapat diproyeksikan atau ditayangkan. pembelajaran akselerasi yaitu yang kemudian dipadukan dengan berbagai model cooperative learning, pembelajaran inkuiri dan lainnya. Perpaduan strategi tersebut di set menjadi satu strategi yang terintegrasi untuk  memberi pengalaman belajar yang menarik dan kemudian dapat membantu menanamkan konsep dalam wacana narasi dengan mudah. Agar memudahkan dalam penyebutan, penulis memberi nama metode tersebut “Strategy Multi Media (Multi Media Strategy)” pembelajaran yang lain seperti model.

 Download File Lengkapnya Di sini

0 komentar:

Posting Komentar