Model Wacana Narasi
Wacana narasi adalah salah satu bentuk wacana yang
harus dikenalkan kepada siswa mulai kelas 7 sampai dengan kelas 9. Standar
kompetensi yang diharapkan di kelas 7 adalah Berkomunikasi secara lisan dan
tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat
dalam wacana monolog pendek berbentuk narasi sederhana. Oleh karena itu
penulis mencoba membuat strategi yang diharapkan akan membantu pemahaman konsep
wacana narasi bagi siswa kelas 7 sehingga mereka dapat menghasilkan bahasa
lisan dan tertulis melalui 4 ketrampilan bahasa yang dikembangkan
Berdasarkan pemikiran tersebut diatas,
penulis mencoba mendesing sebuah strategi yang menggabungkan beberapa metode
dan media. Dewasa ini pengunaan multi-media dalam penyampaian informasi telah
dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia yang dampaknyapun dirasa sangat
besar membantu mengubah prilaku masyarakat. Salah satu contoh adalah
tayangan-tayangan yang disiarkan di layar lebar maupun layar kaca, di sadari
atau tidak dapat membantu membentuk prilaku penontonnya. Remaja yang merupakan
bagian dari masyarakat, sangat besar kesempatannya menerima dampak dari
media karena visualisasi media memberi banyak ketertarikan
Dalam hal ini penulis mencoba memanfaatkan
kelebihan dari multi-media (media pemberi pengaruh tercepat) yang diarahkan
secara positif. Media ini termasuk media yang dapat diproyeksikan atau
ditayangkan. pembelajaran akselerasi yaitu yang kemudian dipadukan dengan
berbagai model cooperative learning, pembelajaran inkuiri dan lainnya.
Perpaduan strategi tersebut di set menjadi satu strategi yang terintegrasi
untuk memberi pengalaman belajar yang menarik dan kemudian dapat membantu
menanamkan konsep dalam wacana narasi dengan mudah. Agar memudahkan dalam penyebutan,
penulis memberi nama metode tersebut “Strategy Multi Media (Multi Media
Strategy)” pembelajaran yang lain seperti model.
Download File Lengkapnya Di sini
0 komentar:
Posting Komentar